Sosialisasi Beasiswa LPDP Tahap II 2024 di UIN Alauddin Makassar: “Dorong Mahasiswa Raih Peluang Studi Lanjut”

Himpunan Mahasiswa LPDP Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan Sosialisasi Beasiswa LPDP Tahap II 2024 di Gedung Rektorat lantai 4 pada Senin, 24 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh para penerima beasiswa LPDP, mahasiswa, dosen, serta pimpinan UIN Alauddin Makassar. Kegiatan tersebut dilakukan secara hybrid, dengan peserta offline berjumlah 100 orang dan online 200 orang melalui Zoom.

Wakil Rektor I UIN Alauddin Makassar, Prof. AG H. Kamaluddin Abu Nawas, MA, membuka acara ini. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa dengan semakin banyaknya program studi yang terakreditasi unggul, seharusnya jumlah penerima beasiswa LPDP dari UIN juga meningkat. Ia berharap agar para mahasiswa bisa bersaing mendapatkan beasiswa ini dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag., menekankan pentingnya sosialisasi ini untuk memotivasi mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan dan memperluas kesempatan meraih beasiswa. Ia berharap setiap program studi dapat memiliki kuota khusus untuk penerima beasiswa LPDP, sehingga lebih mudah dikelola.

Direktur Beasiswa LPDP, Ir. Dwi Larso, M.SIE, Ph.D., yang hadir melalui Zoom, menjelaskan bahwa LPDP terus berinovasi dengan program-program baru, termasuk kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Ia juga mencatat bahwa hanya sekitar 14 alumni UIN Alauddin Makassar yang menjadi penerima beasiswa LPDP, dan berharap melalui sosialisasi ini lebih banyak mahasiswa UIN yang tertarik melanjutkan studi S2 dan S3.

Abid Ash-Shiddiqiy, Lc, M.Hum., sebagai Ketua LPDP Kemenag UIN dan penyelenggara acara, menambahkan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah meningkatkan jumlah penerima beasiswa di kalangan mahasiswa dan dosen muda. Dengan 49 penerima beasiswa saat ini, ia berharap jumlah tersebut meningkat seiring dengan akreditasi unggul yang telah diraih kampus dari segi layanan, fasilitas, dan sumber daya manusia.

Leave a Reply